Entri Data Siswa Menggunakan Format Excel

July 30, 2013 by   - dibaca 373 kali
Filed under Artikel

Melalui media ini saya akan berbagi pengalaman dengan sobat operator tentang entri data siswa menggunakan format excel. Dalam mengentri data siswa menggunakan format excel ada beberapa hal penting yang harus kita perhatikan antara lain sebagai berikut:

  1. Pada kolom Jenis Kelamin isian harus menggunakan huruf kapital (L untuk laki-laki dan P untuk perempuan)
  2. Pada kolom Tempat Lahir, nama tempat jangan disingkat (misalnya : Labuhan ditulis Lab.)
  3. Pada kolom Tanggal Lahir menggunakan format YYYY-MM-DD maksudnya kolom tersebut diisi dengan angka Tahun-Bulan-Tanggal (contoh : 2000-09-23) jika setelah kita mngetik, tanggal tersebut berubah mengikuti format excel maka gunakan tanda petik (‘) terlebih dahulu (contoh : ’2000-09-23)
  4. Apabila sobat operator mengalami kegagalan dalam mengunggah, maka perhatikan pemberitahuan kesalahan data dan segera perbaiki lalu diunggah kembali hingga berhasil.
  5. Setelah data siswa berhasil diunggah, pekerjaan kita belum selesai sobat …. kita harus melengkapi data tersebut melalui klik tanda panah kecil di sebelah kanan lalu pilih biodata diri. Setelah terbuka, lengkapi data siswa dengan cara klik ikon ballpoin edit data, alamat, dan kontak.
  6. pekerjaan terakhir yaitu mengunggah foto siswa. sebelum diunggah aturlah terlebih dahulu ukuran pixel menjadi maksimal 200 x 250. Untuk mengatur pixel sobat operator dapat menggunakan Adobe Photoshop atau Microsoft Office Picture Manager.

Nah, sobat operator demikian sedikit pengalaman yang dapat saya share, semoga yang sedikit ini memiliki manfaat yang besar.(Admin:Sigit Wahyudi)

 

 

Leave a Reply

 
Layanan ini diselenggarakan oleh TELKOM SOLUTION untuk dunia pendidikan di Indonesia. Mari kita majukan
bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna pada dunia pendidikan Indonesia.